Pelayanan Statistik Terpadu dapat diakses di link INI | Telah Rilis Publikasi Kota Bukittinggi Dalam Angka 2024 dan dapat diunduh gratis di SINI | Apabila menurut saudara BPS Kota Bukittinggi belum LAYAK mendapatkan predikat WBK & WBBM ayo LAPORKAN melalui link INI
Dimensi Kualitas Output Statistik: Relevansi
22 Mei 2021 | Kegiatan Statistik Lainnya
Hai #SahabatData pada tayangan sebelumnya ingat kan #Statmin telah membahas tentang prinsip-prinsip penjaminan kualitas menurut levelnya beserta dengan contoh implementasinya dalam kerangka penjaminan kualitas. Nah, sekarang #Statmin akan menjelaskan dimensi-dimensi kualitas dalam QAF nih.
Dimensi kualitas pertama yang akan dibahas adalah relevansi. Perlu #SahabatData ketahui, bahwa relevansi lebih banyak berkaitan dengan hubungan antara lembaga statistik dengan pengguna data. Dimensi relevansi ini menunjukkan sejauh mana output statistik yang dihasilkan oleh lembaga statistik dapat memenuhi kebutuhan para pengguna data.
Untuk itu, siapa saja para pengguna data dan apa kebutuhannya perlu dilakukan identifikasi, dan ini tercermin kedalam program kegiatan statistik. Identifikasi ini juga bermanfaat untuk mengembangkan statistik dengan menggunakan data yang sudah ada maupun adanya sumber data baru. Tentunya, ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan para pengguna data.
Setelah kebutuhan pengguna data telah diketahui, tingkat kepuasan mereka juga perlu diukur secara teratur supaya lembaga statistik tahu apa saja hal-hal yang perlu dipertahankan dan ditingkatkan dalam memenuhi kepuasan kebutuhan para pengguna data. BPS melakukan survei lho #SahabatData, namanya Survei Kebutuhan Data (SKD), untuk mewujudkan dimensi kualitas relevansi ini.
Gimana #SahabatData, mudah-mudahan penjelasan #Statmin tentang dimensi kualitas relevansi bisa dipahami ya. Sampai ketemu pada penjelasan dimensi-dimensi kualitas lainnya minggu depan ya.